Kejuaraan Dunia MotoGP atau kerap disebut sebagai MotoGP saja atau nama resminya FIM MotoGP World Championship adalah kelas utama dari seri balapan Grand Prix Sepeda Motor. Dulunya kelas ini dikenal dengan nama kelas 500cc atau biasa disebut GP500 yang pertama kali digelar sejak musim 1949. Adapun untuk kelas MotoGP yang kita kenal saat ini awal mulanya berakar dari perubahan regulasi untuk kelas 500cc di musim 2002 yang sering disebut juga sebagai tahun transisi. Musim 2002 menjadi periode terakhir mesin dua langkah diperlombakan dalam kompetisi kelas premier.
Sepanjang tahun 2002
sampai 2006 untuk pertama kalinya pabrikan diizinkan untuk memperbesar
kapasitas total mesin khusus untuk mesin 4 tak menjadi maksimum 990 cc, dan
berubah menjadi 800 cc di musim 2007. Pabrikan juga diberi kebebasan untuk
memilih jumlah silinder yang digunakan antara tiga sampai enam dengan batas
berat tertentu. Dengan dibolehkannya motor 4 tak berkubikasi mesin besar
tersebut, kelas GP500 diubah namanya menjadi MotoGP.
Seluruh tim pabrikan
seperti Yamaha, Honda, dan Suzuki masing-masing memilih untuk
berkompetisi menggunakan mesin empat langkah terbarunya. Praktis hanya tim
satelit saja yang masih berkompetisi menggunakan mesin 500 cc dua langkah dan
itupun dengan penampilan yang sangat kedodoran. Sejak musim 2012, kapasitas
mesin sepeda motor kembali dinaikan menjadi maksimal 1000cc.
SPESIFIKASI MOTOR:
- Pabrikan : Bervariasi
- Konfigurasi mesin :75.5°-90° V4/Inline-four
- Kapasitas mesin : 1,000 cc (61 cu in)
- Combustion : 4 langkah
- Valve-train : DOHC, empat katup per silinder
- Bahan bakar : Bensin beroktan 100 tanpa timbal (no control fuel)
- Fuel delivery : Injeksi bahan bakar
- Aspirasi : Aspirasi normal (normally aspirated)
- Tenaga : 260 daya kuda
- Rasio tenaga ke berat : 1.51 bhp/kg
- Lubrication : Wet sump
- Batas putaran mesin : 17,500 - 18,000 rpm
- Kecepatan maksimal : 361 km/h (224 mph)
- Pendinginan : Single water pump
- Busi : Standar pemasok tunggal dari NGK
0 komentar:
Posting Komentar