Kategori ini diperkenalkan pada tahun 2010 untuk menggantikan kelas menengah sebelumnya yaitu kelas 250cc. Perubahan nama itu diperlukan karena peraturan baru tentang kapasitas mesin yang tidak lagi terbatas pada 250 cm³ serta kebijakan memakai pemasok mesin dari satu merek pabrikan saja. Selain itu alasan FIM mengubah regulasi kelas 250cc adalah untuk menjamin komitmen ekonomis yang lebih rendah dari seluruh tim peserta karena sebelumnya kelas 250cc hampir mirip dengan kelas 500cc atau MotoGP dengan pabrikan yang bebas mengembangkan sepeda motor. Tidak seperti apa yang terjadi dengan MotoGP, transisi ke kelas baru segera dilaksanakan di musim 2010 meski sebenarnya bagi tim-tim yang belum siap saat itu masih diperbolehkan memakai motor 250cc dua tak yang diamanatkan regulasi lama.
Balapan pertama Moto2 dilombakan di Qatar 2010 dan dimenangkan oleh Shoya Tomizawa yang mengendarai sepeda motor Suter. Tragisnya beberapa bulan setelahnya Tomizawa tewas akibat kecelakaan fatal saat sedang berlomba di Misano. 6 tahun setelah kematian Tomizawa, terjadi lagi kecelakaan fatal secara tragis di Catalunya 2016 di Sirkuit Catalunya, saingan terbesar Maverick Viñales saat itu, Luis Salom tewas akibat kecelakaan fatal saat latihan bebas kedua di Catalunya.
SPESIFIKASI MOTOR:
Pabrikan : Honda (2010 sampai
2018), Triumph (mulai
2019)
Konfigurasi
mesin : Inline-four (2010-2018), Inline-three (mulai 2019)
Kapasitas
mesin : 600 cc (37 cu in) (2010-2018), 765 cc (47 cu in) (mulai
2019)
Combustion : 4
langkah
Valve-train : DOHC,
four-valves per cylinder
Bahan
bakar : Total unleaded 98 octane (sejak 2016)
Fuel
delivery : Injeksi bahan bakar
Aspirasi : Aspirasi
normal (normally aspirated)
Tenaga : >
140 bhp (100 kW)
Rasio
tenaga ke berat : ~1 bhp/kg
Lubrication : Wet
sump
Batas
putaran mesin : 17,500 - 18,000 rpm
Kecepatan
maksimal : 280 km/h (174 mph)
Pendinginan : Single
water pump
Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Moto2
0 komentar:
Posting Komentar